-->

Manfaat Geocities Untuk Blog

Geocities merupakan salah satu layanan dari Yahoo untuk membuat website baik yang gratis maupun berbayar. Dalam kesempatan ini, kita batasi ulasan pada layanan yang gratis. Banyak manfaat dari fasilitas ini, terutama untuk menyimpan file-file yang akan kamu manfaatkan dalam mengelola suatu blog. Kho, bisa? Ya, bisa dong. Yang pasti kamu harus memiliki akun di Yahoo terlebih dulu.
Kalau belum ada coba kamu baca : Bikin e-mail Gratis Via Yahoo Mail.
Setelah kamu memiliki akun Yahoo, kunjungi site Geocities. Kemudian login dengan menggunakan akun Yahoo tersebut. Kamu akan melihat halaman "Geocities Control Panel" di tab "Home".

Secara garis besar yang dapat kita manfaatkan disini adalah fasilitas penyimpanan file-nya. Pilih tab "Manage". Pada File Management Tools, terdapat dua opsi ; Pertama, Easy Upload (kamu dapat mengupload file langsung) dan Kedua, File Manager (melihat file-file yang tersimpan).

Jika file kamu berupa gambar atau kode html. kamu bisa meng-upload langsung, namun jika file lain seperti file yang berekstension txt, doc dan sejenisnya maka kamu perlu memperhatikan beberapa trik.

Misalnya meng-upload file "Postterbaru.txt" :
  • Buka "Open File Manager"
  • Pada tab "Create & Update" --> klik "New" --> kamu akan dihadapkan pada halaman edit html
  • Buka aplikasi notepad --> copy full source code "postingterbaru" --> letakkan cursor pada halaman editor html geocities --> tekan tombol Ctrl + A --> pastekan full source code "postterbaru"
  • isi Filename ex: "postingterbaru.txt" --> klik "Save"

Sekarang kamu telah menyimpan file baru bernama postingterbaru.txt.

File-file yang telah tersimpan dalam Geocities dapat kamu manfaatkan bagi blog kamu dengan cara memodifikasi widget dan penambahan penambahan link menuju ke file yang tersimpan tersebut.
Contoh :
<script style="text/javascript" src="http://www.geocities.com/tutor26.file/postingterbaru.txt"></script><script style="text/javascript">var numposts = 5;var showpostdate = true;var showpostsummary = true;var numchars = 100;var standardstyling = true;</script><script src="http://suka-sukacom.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=published&alt=json-in-script&callback=showrecentposts"></script>

Coba perhatikan kode yang berwarna merah, ia akan mengarahkan ke file postingterbaru.txt yang tersimpan di Geocities. Mudah bukan dan selamat menikmati manfaat layanan ini untuk blog kamu.
 

Featured post

Widget Cek Resi Paket - Global Tracking Button All In One

Halo Mas Bos semuanya  🙋🏻‍♂️ Kali ini share bagaimana cara membuat tombol pelacakan berbagai ekspedisi yang sedang menawarkan jasa pengiri...