-->

Memasang Meta Tags dan Manfaatnya

Meta tags merupakan kode yang dimasukkan dalam kode HTML blog agar memudahkan search engine membaca gambaran singkat tentang blog dan keyword atau kata kunci yang digunakan dalam blog tersebut. Meta tags dalam Blogger.com dipasang setelah kode <title> ... </title>. Jika trik blogger sebelumnya, yakni ; title blog telah kamu optimasi sebelumnya, seperti langkah dalam posting "Cara Membuat Judul Posting SEO Friendly" sebagai berikut :


<b:if cond='data:blog.pageType == "index"'>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/></title>
</b:if>
Maka meta tags dipasang tepat di bawah kode diatas, kode meta-nya adalah :
 
<meta content="...deskripsi tentang blog kamu..." name="description"/>
<meta content="keyword1,keyword2,keyword3,..." name="keywords"/>
<meta content="index | noindex | follow | nofollow" name="robots"/>
Meta Tag Description
Meta tag description digunakan untuk memberikan gambaran umum mengenai isi dari halaman blog kamu. Ukuran karakter yang disarankan biasanya 25 - 30 kata (dibawah dan/atau mendekati 150 karakter). Kemudian jangan sampai terjadi pengulangan keyword sebanyak 3 kali atau lebih. Dan usahakan description ini bisa menjadi kalimat-kalimat yang letaknya di awal halaman blog kamu. Contoh penulisan meta tag description :

<meta content="Aneka tutorial blog dan teknik seo untuk belajar bersama" name=description/>

 

Apabila blog kamu telah di-indeks oleh search engine (ex : Google), maka tampilannya akan seperti ini :

Title blog
Tips SEO dan trik blog. Bagaimana memaksimalkan blog agar mendapat top ranking di google search engine...?

Meta Tag Keywords
Meta tag keyword merupakan kode dasar yang sangat penting untuk menunjukkan kata kunci blog kamu ke search engine. Bagaimana menghasilkan keyword yang baik dan relevan, silakan baca posting "SEO | Optimasi kata kunci / keyword'". Kode meta-nya adalah

<meta content="keyword1,keyword2,keyword3,..." name="keywords"/>
<meta content="keyword1 keyword2 keyword3 ..." name="keywords"/>

 

Fungsi kedua meta tersebut adalah sama dan tidak ada pengaruhnya di search engine. Namun tujuan pemakaian tanda koma agar keywords tersebut mudah dibaca. Urutkan posisi keyword dari yang paling penting sampai dengan kurang penting dan jangan mengulang keyword sebanyak 3 kali atau lebih, karena akan dianggap spamming. Contoh penulisan meta tag keyword :

<meta content="search engine,ranking,tips seo,trik blogger,optimasi blog" name="keywords"/>

Masukkan keyword yang sesuai dengan tema dan isi blog kamu dan jangan membuat keyword yang tidak ada hubungannya dengan isi blog, lihat dan baca posting "Cara Membuat Judul Posting SEO Friendly".


Meta Tag Robots


Tujuan meta tag robots adalah menentukan halaman blog yang diizinkan di-indeks oleh spider. Jika kamu ingin agar spider dalam search engine melakukan indeks dan menelusuri hyperlink (<a href="..."/>) yang ada di blog kamu, maka meta robots-nya adalah :

<meta content="index, follow" name="robots"/>

 

Jika sebaliknya, yakni mengintruksikan agar spider tidak meng-indeks maupun menelusuri link yang ada dalam blog kamu, maka kode meta-nya :

<meta content="noindex, nofollow name="robots"/> 


Selamat mencoba Memasang Meta Tags... senyum
 

Featured post

Widget Cek Resi Paket - Global Tracking Button All In One

Halo Mas Bos semuanya  🙋🏻‍♂️ Kali ini share bagaimana cara membuat tombol pelacakan berbagai ekspedisi yang sedang menawarkan jasa pengiri...