Teknik SEO pada Meta Tag

Teknik SEO pada Meta Tag


Buatlah judul dan deskripsi website yang menarik.

Meta tag merupakan perintah untuk memberikan informasi kepada browser, mesin pencari atau program otomatis (robot) mengenai judul halaman, deskripsi halaman, kata kunci, penulis website dan lain-laim. Meta tag tidak terlihat langsung di halaman website, namun meta tag bisa dilihat di kode HTML halaman website tersebut. Pada browser Internet Explorer bukalah suatu website kemudian pilih menu view dan source, maka akan terbuka jendela baru yang isinya berupa kode HTML halaman website yang sedang aktif. Sedangkan pada browser Mozilla Firefox, cara melihat kote HTML hampir sama seperti pada browser IE yaitu dengan memilih menu view dan page source. Meta tag selalu ditulis diantara <head> dan </head> seperti berikut:


<head>
<title>tulis judul halaman website disini</title>
<meta name="description" content="tulis deskripsi halaman website disini">
<meta name="keywords" content="tulis kata kunci disini">


</head>


Selain meta tag, penulisan judul halaman website yang menarik dan mengandung kata kunci memegang peranan yang sangat penting agar bisa mendapat peringkat hasil pencarian yang tinggi. Setiap mesin pencari menggunakan meta tag secara berbeda-beda, beberapa website bahkan mengatakan mesin pencari besar seperti Google, Yahoo, dan Bing tidak lagi menggunakan meta tag. Jadi kita hanya akan membahas beberapa meta tag yang paling penting termasuk title tag.
  • Title Tag
  • Title tag merupakan tag pertama dan tag yang paling penting untuk mendapat peringkat hasil pencarian yang tinggi. Idealnya, title tag terdiri dari lima hingga sepuluh kata dan tidak melebihi 70 - 80 karakter. Title tag harus mengandung kata kunci khusus, sebaiknya pada kata pertama. Ingat juga judul website muncul sebagai tautan pada hasil pencarian mesin pencari, sehingga Anda harus membuatnya sangat menarik ketika dibaca oleh calon pengunjung website Anda. Contoh: 
    <title>SEO pada meta tag dan hasil pencarian</title>
  • Meta Description Tag
  • Ini adalah tag kedua terpenting dalam algoritma mesin pencari. Description tag digunakan oleh banyak mesin pencari sebagai deskripsi singkat mengenai halaman website tersebut pada hasil pencarian mesin pencari. Oleh karena itu, jangan mengulang judul halaman website pada tag ini sama persis, pastikan juga deskripsinya menarik. Description tag jangan melebihi 150 - 200 karakter. Kata kunci khusus harus digunakan paling sedikit satu sampai dua kali. Masukkan juga sinonim kata kunci dan satu hingga dua kata kunci umum. Contoh:
    <meta name="description" content="Tujuan utama dari teknik SEO pada meta tag adalah memberikan informasi mengenai judul dan deskripsi halaman website kepada mesin pencari">
  • Meta Keywords Tag
  • Keywords tag berfungsi untuk memberi tahu mesin pencari kata kunci apa saja yang penting untuk halaman website Anda, dan kata kunci yang dipakai orang untuk menemukan website Anda. Ingat, setiap halaman website memiliki kata kunci yang berbeda sesuai dengan apa yang dibicarakan pada halaman tersebut. Sayangnya saat ini meta keywords tag sudah tidak efektif lagi untuk mendapatkan peringkat hasil pencarian yang tinggi karena banyaknya pemilik website yang menulis kata kunci pada keywords tag namun tidak sesuai dengan isi websitenya. Akan tetapi, tidak ada salahnya kalau Anda memasukkan kata kunci khusus serta satu atau dua kata kunci umum dalam keywords tag. Anda juga bisa memasukkan beberapa variasi kata kunci dalam huruf besar atau kecil. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penulisan keywords tag adalah jangan mengulang kata kunci lebih dari tiga kali dan jangan mengulang kata yang sama secara berurutan walaupun dipisahkan oleh koma karena Anda bisa dianggap melakukan spam. Jangan menulis daftar kata kunci yang panjang pada meta keywords tag. Anda bisa gunakan sinonim kata kunci khusus dan kata-kata lain yang terkait yang tidak dipakai pada halaman website, termasuk kata-kata yang salah eja. Ini akan membantu menaikkan peringkat websitemu. Contoh:
    <meta name="keywords" content="teknik SEO, description meta tag, search engine optimization, meta tag, optimisasi mesin pencari, keywords meta tag">
Ada banyak meta tag yang bisa digunakan untuk tujuan tertentu, tapi yang paling umum digunakan hanya description meta tag dan keywords meta tag ditambah title tag. Anda harus melakukan teknik SEO dengan benar karena teknik SEO sangat efektif untuk menaikkan peringkat website Anda.


Sampai di sini Anda sudah menyelesaikan tahap perencanaan website Anda. Tahap berikutnya adalah pembuatan isi website.


sumber : anto-dwiharja.com


Terima kasih sudah membaca artikel Teknik SEO pada Meta Tag ini, hanya bermaksud berbagi kepada Para Sobbat Blogger dimanapun berada.

Semoga bermanfaat (",)

7 comments:

  1. http://tour-and-travel.blazzmedia.com/
    http://www.shop-onlinez.com

    ReplyDelete
  2. Thankks infonya,
    info aplikasi pajak https://pajakonlineweb.wordpress.com

    ReplyDelete
  3. thanks http://goo.gl/6yHb3q

    ReplyDelete
  4. Terima kasih atas kesediaan Mas Mbro Bos dimanapun berada (",)

    ReplyDelete

Blog Auto Approve Comments with Chapta (Blog komentar tampil setelah mengisi kode / verifikasi gambar terlebih dahulu).

Mohon menuliskan komentar Mas Mbro Bos dengan bahasa yang baik, tidak mengandung Sara, Pornografi, dan Provokasi Pihak lain.

Terima kasih atas kesediaan Mas Mbro Bos dimanapun berada (",)

Salam,

Follow by Email