-->

Membuat Blog-Website Harus Kita Sukai,Kuasai,Spesifik,Menarik

Setelah Anda menentukan Tujuan Membuat Blog / Website / Situs, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menentukan topik website yang akan Anda angkat untuk mencapai tujuan Anda membuat website. Kalau tujuan Anda adalah membangun bisnis online atau mendapatkan uang melalui Internet, maka topik yang Anda angkat berhubungan dengan produk dan/atau jasa yang akan Anda tawarkan. Kalau tujuan Anda adalah mencari dana untuk sebuah organisasi sosial, maka topiknya adalah informasi mengenai organisasi sosial tersebut. Kalau tujuan Anda adalah membagi cerita mengenai hobi memancing, maka topiknya berhubungan dengan kegiatan memancing yang Anda lakukan.

Dalam menentukan topik website pikirkanlah hal yang Anda sukai, kuasai dan memiliki daya tarik bagi banyak orang. Bisa hobi, pekerjaan maupun bisnis Anda. Ini akan membantu Anda sewaktu membuat isi website karena pengerjaannya akan lebih cepat dibandingkan bila Anda mengangkat topik yang menarik tapi tidak Anda kuasai. Kecuali kalau Anda punya banyak waktu dan tidak terburu-buru harus menyelesaikan website Anda, boleh saja Anda memilih topik yang menarik namun belum Anda kuasai.

Pilihlah juga topik yang spesifik, karena strategi yang terbukti sukses di Internet adalah pemilihan topik yang spesifik dan sarat informasi. Sebagai contoh, topik mengenai komputer tentulah terlalu luas. Ada banyak topik spesifik yang bisa Anda gali dari komputer, misalnya penjualan komputer rakitan, penjualan software komputer, pembahasan produk hardware dan software komputer, cara menghilangkan virus komputer, dan pemecahan masalah pada hardware dan software komputer. Lebih baik kalau Anda fokus pada salah satu atau beberapa hal saja. Apalagi kalau Anda mengurusi website Anda sendirian, tentu sulit bukan memberikan informasi secara menyeluruh mengenai komputer dari A - Z. Kalau Anda mencari sesuatu dengan mesin pencari, pastilah pada akhirnya Anda memilih website yang memberikan informasi memadai atas apa yang Anda cari sedangkan website lain yang memberikan informasi kurang memadai akan Anda lewatkan.

Tapi, jangan juga memilih topik yang terlalu spesifik atau sempit misalnya keunggulan dan kekurangan motherboard merk "X". Lebih baik kalau topiknya diperluas menjadi ulasan mengenai keunggulan dan kekurangan berbagai merk motherboard. Kalau topiknya terlalu sempit, pengunjung website mungkin akan cepat bosan dan jarang berkunjung, isi website pun akan sulit diupdate karena sedikitnya bahan-bahan baru.

Satu lagi hal penting yang harus dipertimbangkan ketika Anda menentukan topik website yaitu mengkaji topik dari sudut pandang pengunjung, siapa mereka dan apa yang mereka cari. Anda harus memiliki jawaban yang jelas terhadap pertanyaan-pertanyaan ini.
  • Siapa mereka? Tentukan target pengunjung, posisikan diri Anda menurut sudut pandang mereka. Coba tulis profil pengunjung yang Anda tuju, apa pekerjaan atau bisnis mereka, apakah mereka dari kalangan ekonomi atas, menengah, atau bawah, dimana lokasi mereka, apakah pria dan/atau wanita, berapa rentang umurnya, sejauh mana pengetahuan mereka tentang topik yang Anda angkat, bagaimana keahlian dan pengetahuan mereka tentang penggunaan komputer dan Internet, dan hal-hal lain yang relevan dengan topik yang akan Anda angkat.

  • Apa yang dicari? Setelah Anda mengidentifikasi target pengunjung, kemudian coba tuliskan apa yang mereka cari di Internet, informasi atau produk atau jasa apa yang sesuai dengan apa yang mereka butuhkan, apa nilai tambah website Anda dibandingkan website-website pesaing yang bisa membuat pengunjung mau kembali lagi melihat website Anda.
Untuk membantu menjawab pertanyaan Siapa dan Apa, lakukanlah penelitian dengan mesin pencari. Ketikkan topik yang Anda pikirkan pada Google. Kemudian perhatikan 10 hasil pencarian teratas, catat apa saja yang disampaikan atau ditawarkan, kira-kira bagaimana profil pengunjungnya, bagaimana tingkat kesulitan dalam memahami apa yang disampaikan, gaya bahasanya apakah formal atau menggunakan bahasa yang dimengerti awam, dan hal menarik lainnya yang Anda temukan. Buatlah beberapa topik alternatif dan lakukan penelitan yang sama. Temuan-temuan yang Anda dapatkan melalui penelitian tersebut dapat Anda gunakan sebagai bahan pertimbangan sewaktu menjawab pertanyaan Siapa dan Apa.

Setelah Anda menentukan topik website yang akan diangkat, apabila topik tersebut terlalu panjang untuk dibahas dalam satu halaman website maka bagilah menjadi beberapa subtopik.

Saya tekankan lagi, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk membuat website dengan topik yang menurut Anda bagus tapi sebetulnya tidak Anda kuasai, ditambah lagi dengan jumlah halaman yang banyak. Banyak sekali website komersial yang hanya terdiri dari satu halaman. Yang penting buatlah agar isinya memiliki daya tarik bagi pengunjung. Sediakan yang mereka cari.

Menentukan topik website bisa membutuhkan waktu yang agak lama. Sebaiknya tentukan topik Anda sekarang, dan tetaplah pada pilihan Anda. Kalau Anda masih ragu, sebaiknya jangan lakukan langkah berikutnya terlebih dahulu. Namun, kalau Anda sudah yakin dengan topik yang akan diangkat, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya yaitu memilih kata kunci. Bagian ini sangat seru, ayo terus ikuti.


sumber : anto-dwiharja.com
 

Featured post

Widget Cek Resi Paket - Global Tracking Button All In One

Halo Mas Bos semuanya  🙋🏻‍♂️ Kali ini share bagaimana cara membuat tombol pelacakan berbagai ekspedisi yang sedang menawarkan jasa pengiri...