-->

Tips SEO Blog Dasar & Panduan Belajar Teknik Optimasi SEO Blogspot Pemula

Tips SEO Optimasi-Teknik Optimasi SEO Blogspot

Tips SEO ini dipersembahkan untuk bagi Mas Bos yang masih sebagai Blogger Pemula / Newbie yang baru masuk dalam dunia Blogging / dunia menulis pada perangkat yang disebut dengan komputer.

Sesuai dengan pengalaman saya, bahwa posisi hasil mesin pecarian (search engine Google) dari frase kata yang saya ketik mengalami kenaikkan secara bertahap, dan memang butuh waktu. Beberapa hari setelahnya mengalami penurunan akibat dari Para Pemain SEO juga melakukan Optimasi SEO situs-nya dengan kata kunci / keyword yang sama, atau bisa jadi mereka mendapatkan trafik / kunjungan yang bagus dari para pengguna internet / para pembaca setia mereka ke halaman artikel / Posting Page, maupun ke Judul Blog / title tag (sesuai dengan kata kunci / keyword apa yang di cari / di Optimasi / di Optimalkan).

Di sini Saya hanya ingin berbagi berdasarkan Postingan SEO Tips Dasar Bagi Pemula dari Guru "Pengalaman" pribadi yang bisa jadi ada manfaat buat Mas Bos semua, atau bisa jadi juga tidak mempunyai manfaat sama sekali atau hanya secara kebetulan saja robots.txt Google sedang berbaik hati melongok Blog-nya SEO Tutorial ini...hehehe...
Jika tidak ada manfaatnya, ya tidak perlu melakukan petunjuk yang Saya ketik di halaman ini, cukup salam kenal dan saling berkunjung itu sudah suatu Ibadah kali yak...(kaya Pak Ustadz aja nech...Xixixixiii...)

Ada beberapa tips, trik, atau teknik dasar yang paling men-dasar / bisa di bilang wajib dalam awal kita belajar seo bagi pemula melalui panduan mudah seo blog dari gger.com guna membangun situs yang menginginkan Search Engine Optimization (SEO) khususnya familiar pada search engine Google, dimana para Blogger baik yang baru belajar / pemula sampai dengan Para Master Pemain SEO Tips kawakan sering menggunakannya dan Google.com-lah yang mempunyai peringkat ke-dua dari situs yang ada di dunia pada Alexa Traffic Rank. Hal ini membuktikan bahwa, semua orang di dunia ini sudah familiar / biasa meng-akses mesin telusur Google di banding dengan yang mesin pencarian / search engine yang lainnya. Lihat gambar berikut :

Optimasi SEO-Top Site Alexa Rank
Gb.1 - Top Site Alexa Rank

Siapapun pembuat Blog / Website / Situs, ingin posisi maksimal berada di rangking halaman (page rank)10 besar (Top Ten) di 3 mesin telusur / pencarian yang terkenal yaitu : Google, Yahoo dan Bing, pada saat pengguna / pembaca mengetikkan kata kunci / keyword tertentu yang umumnya sesuai dengan apa yang mereka cari, baik kata, frase kata, kalimat, mapun gambar (image logo. banner, dll.).

Tips SEO Blogger & Teknik Optimasi SEO Pemula :

  • Sebelum Mas Bos membuat Blog / Web Situs, apapun tujuannya (internet marketing, berita, iklan, ilmu pengetahuan, dll.), buatlah terlebih dahulu Blog / Web dari produk nya Google, yaitu Blogger.com alias yang gratisan saja dulu, karena citra dari menulis (blogging), kini dengan perkembangan Template SEO Friendly dan HTML5 menjadikan suatu situs yang berbeda dari tujuan semula. Jika Mas Bos ingin melakukan Optimasi SEO di mesin Google, sebisa mungkin pergunakan semua produk dari Google.
  • Ingin melakukan SEO Tips ini dengan memperbanyak update di sosial media (facebook, twitter, dll.). Semakin banyak teman kita di sosial media tersebut, semakin banyak peluang kunjungan dari mereka atau bisa dilihat teman-teman mereka juga.
  • Edit Template Blogspot Mas Bos SEO Friendly, artinya agar robots.txt google dapat meng-index dan meng-crawl situs Mas Bo secara cepat.
  • Tambahkan Meta Tag berikut, langsung copas saja masukkan kode di bawah setelah kode <head>
<meta content='IE=EmulateIE9' http-equiv='X-UA-Compatible'/>
<meta content='width=1100' name='viewport'/>
<meta content='text/html; charset=utf-8' http-equiv='Content-Type'/>
<meta content='true' name='MSSmartTagsPreventParsing'/>
&lt;script type=&quot;text/javascript&quot;&gt;(function() { var a=window,b=&quot;jstiming&quot;,d=&quot;tick&quot;;var e=function(c){this.t={};this.tick=function(c,p,h){h=void 0!=h?h:(new Date).getTime();this.t[c]=[h,p]};this[d](&quot;start&quot;,null,c)},f=new e;a.jstiming={Timer:e,load:f};if(a.performance&amp;&amp;a.performance.timing){var g=a.performance.timing,j=a[b].load,k=g.navigationStart,l=g.responseStart;0&lt;k&amp;&amp;l&gt;=k&amp;&amp;(j[d](&quot;_wtsrt&quot;,void 0,k),j[d](&quot;wtsrt_&quot;,&quot;_wtsrt&quot;,l),j[d](&quot;tbsd_&quot;,&quot;wtsrt_&quot;))}
try{var m=null;a.chrome&amp;&amp;a.chrome.csi&amp;&amp;(m=Math.floor(a.chrome.csi().pageT),j&amp;&amp;0&lt;k&amp;&amp;(j[d](&quot;_tbnd&quot;,void 0,a.chrome.csi().startE),j[d](&quot;tbnd_&quot;,&quot;_tbnd&quot;,k)));null==m&amp;&amp;a.gtbExternal&amp;&amp;(m=a.gtbExternal.pageT());null==m&amp;&amp;a.external&amp;&amp;(m=a.external.pageT,j&amp;&amp;0&lt;k&amp;&amp;(j[d](&quot;_tbnd&quot;,void 0,a.external.startE),j[d](&quot;tbnd_&quot;,&quot;_tbnd&quot;,k)));m&amp;&amp;(a[b].pt=m)}catch(n){};a.tickAboveFold=function(c){var i=0;if(c.offsetParent){do i+=c.offsetTop;while(c=c.offsetParent)}c=i;750&gt;=c&amp;&amp;a[b].load[d](&quot;aft&quot;)};var q=!1;function r(){q||(q=!0,a[b].load[d](&quot;firstScrollTime&quot;))}a.addEventListener?a.addEventListener(&quot;scroll&quot;,r,!1):a.attachEvent(&quot;onscroll&quot;,r);
 })();&lt;/script&gt;
<meta content='index, follow, noodp, noydir' name='robots'/>
<meta content
='© TULIS SESUAI BAGIAN FOOTER' name='copyright'/>
<meta content='1 days' name='revisit-after'/>
<meta content='1 days' name='revisit'/>
<meta content='never' name='expires'/>
<meta content='always' name='revisit'/>
<meta content='id' name='language'/>
<meta content='id' name='geo.country'/>
<meta content='global' name='distribution'/>
<meta content='all-language' http-equiv='content-language'/>
<meta content='text/html; charset=utf-8' http-equiv='Content-Type'/>
<meta content='true' name='MSSmartTagsPreventParsing'/>
<meta content='blogger' name='generator'/>
<meta content='follow, all' name='googlebot-image'/>
<meta content='follow, all' name='msnbot'/>
<meta content='follow, all' name='slurp'/>
<meta content='follow, all' name='zyborg'/>
<meta content='follow, all' name='scooter'/>
<meta content='all' name='spiders'/>
<meta content='all' name='webcrawlers'/>
<meta content='aeiwi, alexa, alltheweb, altavista, aol netfind, anzwers, canada, directhit, euroseek, excite, overture, go, google, hotbot. infomak, kanoodle, lycos, mastersite, national directory, northern light, searchit, simplesearch, websmostlinked, webtop, what-u-seek, aol, yahoo, webcrawler, infoseek, excite, magellan, looksmart, bing, cnet, googlebot' name='search engines'/>
<link href='http://tutor26.com/favicon.ico' rel='icon' type='image/x-icon'/>

Keterangan : Ganti warna merah pada kode html diatas sesuai dengan (URL, Nama Author, Nama Judul Blog, Nomor ID Blogger, URL icon Navbar) pada Blog Mas Bos.

  • Lakukan pendaftaran Google / add url dan beberapa search engine lainnya.
  • Lakukan Google Site Verificaion atau robots.txt Google mulai melakukan pendataan dan merayapi situs Mas Bos. Copy paste kode html ke blog Mas Bos di bawah <head> pada edit html template blog Mas Bos, simpan template dan kembali pada Google Site Verificaion tekan tombol verify. Done!. Artinya mesin robots.txt Google mulai bekerja.
  • Buat RSS Feedburner.com untuk situs Mas Bos, karena ini termasuk produk dari Google.
  • Buat Sitemap Google Site Verificaion yang berhubungan  RSS pada Feedburner.com tersebut. Yang di ambil dari Original Feed karena untuk mem-publish atau mempublikasikan ke search engine Google. Contoh : http://tutor26.com/feeds/posts/default?alt=rss. Copy paste yang berwarna biru pada kolom pembuatan Sitemap tadi, agar situs Mas Bos lebih Optimal dan lebih di sayang oleh Search Engine Google (",).
  • Untuk Optimasi SEO kata kunci  / keyword, Mas Bos dapat menggunakan Gadget atau Smartphone, yang biasanya bawaan search engine menggunakan Google.com (default), hasil pencarian akan berbeda dengan Google.co.id, baik Halaman (Page), maupun Baris / urutan ke berapa dari satu halaman terdapat sepuluh baris  jadi untuk mengejar Optimasi SEO dalam Wilayah Indonesia mesti dirubah ke Google.co.id terlebih dahulu. Kenapa? karena membuka situs di Gadget atau Smartphone dengan IP yang Dinamic akan terhitung penambahan dalam kunjungan atau trafik situs dan Mas Bos juga dapat men-daftar di situs Histat untuk me-review berapa banyak kunjungan / trafik situs Mas Bos dengan fitur yang lengkap dan tempel script javascript-nya di situs Mas Bos, jangan lupa selalu lakukan clear history. Buruan...!!!! mumpung situs Histat masih gratis alias free lho ya...untuk daftar ikuti petunjuknya Sob.
  • Optimasi SEO melalui panduan  belajar seo blogspot pada Komputer / PC dengan menggunakan Browser Mozilla Firefox, jangan lupa selalu lakukan Clear Your Recent History (dalam bahasa inggris). karena hal ini juga akan terhitung jika Mas Bos memasang Widget Feedjit di Situs Mas Bos (seperti pada bagian footer. Lihat gambar di bawah ini :
Clear Your Recent History-Mozilla Firefox
Gb.2 - Clear Your Recent History - Mozilla Firefox

  • Optimasi SEO pada Goole Chrome dan Internet Explorer. Mas Bos bisa buat "Open Link in New Tab" yang banyak. Hanya saja untuk Browser bawaan Windows - Internet Explorer (IE), dibatasi  Contoh pada Google Chrome : pilih Settings » On statup, dan klik :

    Open a specific page or set of pages. Set pages
  • Masukkan URL situs sebanyak yang Mas Bos mau, agar di waktu awal klik / startup Google Chrome, langsung muncul situs M.as Bos
  • Jika situs Mas Bos sudah SEO Friendly, artinya pada saat mengetikkan keyword di search engine Google, URL / Judul situs muncul di halaman (page), misal halaman ke-15 baris ke-3, maka Optimasi SEO untuk menaikkan baik baris maupun halaman dapat dilakukan klik kanan pada mouse Mas Bos, Copy Link Address dan taruh pada setingan Goole Chrome dan Internet Explorer (IE) untuk membuka halaman yang banyak dengan sekali klik pada awal / startup. Lihat gambar di bawah ini :
Optimasi SEO Browser Google Chrome-Internet Explorer-IE
Gb.2 - Clear Your Recent History - Mozilla Firefox

  • Pada waktu upload gambar 3 diatas menggunakan kata kunci / keyword adalah : tutorial blog, dan posisi Blog-nya SEO Tutorial yang mengupas tutorial  blogspot dan belajar seo mudah melalui panduan seo dasar untuk blogger pemula ini menduduki PageRank (halaman) ke-6, Line (baris) ke-10. Hal ini bisa ada perubahan baik kenaikkan bahkan bisa terjadi adanya penurunan pada halaman dan baris dalam hitungan menit, yang parahnya lagi adalah situs Mas Bos "menghilang" dari Page Google Search Engine, akibat "Google Dancing" yang biasa Para Master Developer Website / Situs menyebutnya. Bisa jadi karena konten SPAM / murni Copy Paste, artinya mengambil suatu konten dari situs lain langsung tempel / salin tanpa merubah sedikitpun artikel / posting tesebut, hal ini yang akan dihilangkan / disingkirkan, bahkan Google tidak mau menyentuh sedikitpun dan berkata: "ih...amit-amit...jijay bajay dech... ma Plagiat gak mau sedikit aja berfikir, dasar pemalas...!!!" (*Google sedang ngrumpi di Mall bersama Search Engine lainnya)...wkwkwkwkkk...
  • Berikut ini adalah setting Browser IE untuk menaruh URL yang akan di Optimasi dengan maksimum 6 Tabulasi yang masih salah satu SEO Tips dasar yang mudah dalam pemahaman  belajar seo blog dari blogger.com atau bisa disebut juga sebagai Optimasi di Mesin Pencari / Search Engine. Lihat gambar 4 dan 5 dibawah ini :
Optimasi SEO melalui Internet Explorer / IE - Klik kanan pada mouse
Gb.4 - Optimasi SEO melalui Internet Explorer / IE - Klik kanan pada mouse



Optimasi SEO Startup Internet Explorer / IE - copy paste seperti pada kolom yang di blok warna biru
Gb.5 - Optimasi SEO Startup Internet Explorer / IE - copy paste seperti pada kolom yang di blok warna biru

Demikian penjelasan SEO Tips yang juga sebagai patokan dasar Para Blogger Pemula. Jangan berkecil hati / minder jika belum tahu dan kenal dengan kode HTML, Cara Mempercepat Loading Blog dengan menggunakan JavaScript, Cara Membuat Popular Pos Warna Warni - Rainbow Popular Post dengan editing CSS dan mash banyak lainnya...

"Berhenti dan lupakanlah jika kamu hanya berfikir tanpa mencobanya...
 Lakukan...lakukan...dan lakukanlah !!!
Dengan begitu otak dan tubuh kita akan selalu bergerak, bekerja dan otomatis akan lebih hidup..."

Oke dech Mas Bos.....*sambil bernafas tersengal-sengal... Lumayan capek juga editing tulisan ini....ups....katanya rahasia...xixixixiiii...... Tunggu Optimasi SEO berikutnya tetap merupakan bagian dari SEO Tips dan cara mudah belajar seo untuk blogger pemula dasar tahap demi tahap dari Blog-nya SEO Tutorial. Jangan lupa... jika Mas Bos serius berminat ingin mengetahui Cara Membuat Blog yang baik, ramai pengunjung dan sekaligus mendapatkan kepercayaan dari pendekatan persuasif kepada Para Pembaca, melakukan norma-norma dengan men-design melalui Blogger Tutorial dan banyak pilihan disitu.... dan segera lakukanlah Register melalui Gmail.com dan selanjutnya melakukan langkah Login di Blogger.com.

Pergunakan bahasa sesuai kamu pribadi, tema bebas, konten asli dan fresh (bukan plagiat atau copy dan paste) dan selalu menghadirkan sesuatu yang bermanfaat..... 

Rempong dengan semua hal dan kegiatan mengenai SEO diatas...??? Tidak perlu ragu lagi memperkerjakan jasa website murah, promosi pasang banner blog/web dan setelahnya dapat meminta order kepada jasa seo untuk lebih optimal dan laris manisss...baca mengenai artikel jasa seo surabaya di jasa seo website.

Tips SEO Blogger & Teknik Optimasi SEO Pemula sudah selesai

SUKSES BUAT MAS BOS YA!!!
     

    Featured post

    Widget Cek Resi Paket - Global Tracking Button All In One

    Halo Mas Bos semuanya  🙋🏻‍♂️ Kali ini share bagaimana cara membuat tombol pelacakan berbagai ekspedisi yang sedang menawarkan jasa pengiri...