-->

10 Kota Terpolusi di Amerika Serikat (AS)

Rumah.Com--Belum lama ini, Forbes.com mengungkap 10 kota paling kotor dan terpolusi di Amerika Serikat. Fresno tercatat sebagai kota terpolusi di Negeri paman Sam. Sementara, California merupakan negara bagian yang paling banyak memiliki kota terkotor.

Pencemaran air tanah yang disebabkan limbah industri menjadi faktor utama pencemaran di kota-kota ini. Sedangkan, polusi udara akibat pembuangan kendaraan bermotor menyebabkan kualitas ozon menurun.

Berikut ini adalah 10 kota terpolusi di AS:

1. Fresno, California
Kota Fresno dinobatkan sebagai kota terkotor di AS. Penduduk kota berjumlah 500.000 ini harus menderita akibat air tanah yang terpolusi bahan kimia dari daerah pertanian. Tahun 2012 juga merupakan tahun kelima kota ini mengalami polusi partikel paling buruk di AS, menurut American Lung Association.

2. Bakersfield, California
Bakersfield adalah kota utama penghasil minyak di California. Emisi dari pengolahan minyak dan gas di kota ini menyumbang polusi udara di Central Valley—dan merupakan yang terburuk di AS. Berdasarkan data American Lung Association, 800.000 penduduk Bakersfield menderita akibat polusi partikel yang buruk dengan kualitas ozon terburuk nomor tiga di AS.

3. Philadelphia, Pennsylvania
Philadelphia terletak di sisi Sungai Delaware, yang terhubung dengan pabrik kimia selama beberapa dekade terakhir. Menurut data EPA (Environmental Protection Agency), setiap tahun pabrik-pabrik tersebut membuang sekitar 8,4 juta kilogram bahan beracun, dimana 3,2 juta kilogram mencemari sungai.

4. Bridgeport, Connecticut
Kendati Connecticut merupakan salah satu negara bagian terkaya di AS, namun Bridgeport memiliki nasib berbeda. Selama beberapa dekade, Raymark Industries yang memproduksi sparepart mobil dan asbes, membuang limbah beracun ke daerah rawa-rawa. Selama 20 tahun, pihak EPA telah membuang bahan-bahan beracun seperti asbes, arsenik, dan dioksin di kawasan ini.

5. Modesto, California
Selain Bakersfield, Modesto adalah kota di Central Valley, California yang paling tercemar. Dari 500.000 penduduk kota ini, 15,5% diantaranya adalah pengangguran. Kota ini menduduki peringkat kelima untuk polusi partikel dan peringkat ke-11 dalam kualitas ozon terburuk.

6. Riverside, California
Penduduk Riverside yang berjumlah 4,2 juta menderita karena daerah ini memiliki tingkat ozon yang tinggi. Di 2009, EPA menyebutkan selama beberapa dasawarsa, air minum kawasan ini dicemari oleh perklorat dan trikloroetilen.

7. New Haven, Connecticut
Kota berpenduduk 850.000 terkenal karena memiliki salah satu universitas terbaik di AS: Yale University. Tetapi, dengan lokasi yang ada dipersimpangan jalan raya tersibuk: Interstate-95 (I-95) dan Interstate-91 (I-91), polusi udara di kota ini sangat buruk.

8. San Jose, California
Kota yang masuk dalam kawasan Silicon Valley ini tercemar oleh limbah yang dibuang perusahaan pembuat chip, seperti Fairchild dan Intel. Selain itu, polusi udara di kota ini juga merupakan masalah besar.

9. Stockton, California
Panas di Stockton memperburuk kualitas ozon yang menduduki peringkat ke-23 di AS. Kota berpopulasi 650.000 jiwa ini memang hanya sedikit mengeluarkan dana untuk lingkungan.

10. Milwaukee, Wisconsin
Pembangunan kawasan industri di sepanjang Sungai Milwaukee selama beberapa dekade memiliki kontribusi pencemaran PCB (Poliklorin Bifenil) dan logam berat terhadap air tanah di Danau Michigan. Penduduk Milwaukee yang berjumlah 1,5 juta ini menderita akibat polusi partikel yang menduduki peringkat ke-20 di AS.

Anto Erawan
antoerawan@rumah.com
 

Featured post

Widget Cek Resi Paket - Global Tracking Button All In One

Halo Mas Bos semuanya  🙋🏻‍♂️ Kali ini share bagaimana cara membuat tombol pelacakan berbagai ekspedisi yang sedang menawarkan jasa pengiri...