Tips Membantu Ingatan Menjadi Lebih Baik

Saat usia seseorang semakin tua maka Anda akan dihadapkan dengan berbagai macam penyakit yang memang biasa menjadi salah satu hal yang asing lagi bagi seseorang saat usia semakin senja, salah satu gangguan penyakit tersebut adalah yang berkaitan dengan memori atau ingatan.

Dalam psikologi, dikenal sebagai kemampuan mental seseorang untuk dapat mengingat memori yang tersimpan dalam otaknya, menyimpan serta menggunakannya saat sewaktu-waktu dibutuhkan. Begitu penting dan krusialnya masalah ingatan atau memori ini sehingga semua orang melakukan berbagai cara untuk bisa mempertahankan memorinya agar selalu berjalan dengan baik terutama saat dihinggapi usia senja.

Untuk bisa mempertahankan memori tersebut agar selalu berjalan dan bisa dipertahankan dengan baik maka terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan. Berikut beberapa tips untuk mempertahanan dan membantu ingatan agar selalu baik.

1. Tulislah catatan mengenai berbagai hal yang akan Anda lakukan dan ingin selalu Anda ingat, hal ini tentu akan menghemat waktu dan memperingan pekerjaan yang akan dilakukan karena tidak lagi perlu mengingat hal yang sudah dicatat.

2. Istirahatkan pikiran setelah anda banyak mengingat dan menghapal, karena memaksakan pikiran untuk mengingat saat lelah akan membuat pikiran dan memori menjadi lelah dan sedikit terganggu, segeralah istirahat lalu kemudian melanjutkan pekerjaan mengingat dan belajar saat sudah bangun saat pikiran masih segar dan memori ingatan menjadi lebih kuat dalam bekerja.

3. Berlatih memvisualisasikan diri terhadap hal-hal yang perlu untuk di ingat. Karena dengan begitu hal-hal yang telah tergambar dalam pikiran Anda akan sangat memudahkan bagi pikiran Anda untuk bisa menerjemahkan kembali kedalam memori kesemula.

4. Adopsi cara dan gaya hidup sehat logikanya dengan Anda bisa hidup sehat maka tubuh pun akan semakin kuat dan berkinerja dengan baik, sehingga ingatan dan memori yang Anda miliki pun akan selalu berjalan dengan prima sesuai dengan pola hidup sehat.

Secara alur dan cara kerja maka otak akan bekerja untuk mengingat setelah melalui tiga tahap berikut ini. Tahap pertama adalah Encoding, tahap ini adalah dimana memori kita menerima informasi. Tahap kedua adalah menyimpan, setelah otak menerima tahap encoding maka akan dilanjutkan dengan menyimpan data tersebut dalam sistem otak anda dan tahap yang ketiga adalah mengingat yakni mengeluarkan informasi yang dibutuhkan yang sebelumnya diterima (encoding) oleh otak. Itulah beberpa tips dan alur kerja sebuah memori yang ada dalam pikiran Anda.

MASFIM.com

0 komentar:

Post a Comment

Blog Auto Approve Comments with Chapta (Blog komentar tampil setelah mengisi kode / verifikasi gambar terlebih dahulu).

Mohon menuliskan komentar Mas Mbro Bos dengan bahasa yang baik, tidak mengandung Sara, Pornografi, dan Provokasi Pihak lain.

Terima kasih atas kesediaan Mas Mbro Bos dimanapun berada (",)

Salam,

Follow by Email