Teknik SEO Pada Halaman Website

Tata Letak Kata Kunci Harus Strategis Pada Halaman Website
Kalau bicara mengenai teknik SEO, Anda akan menemui istilah-istilah yang lebih teknis yang berhubungan dengan bahasa pemograman HTML (Hyper Text Markup Language). Sederhananya, HTML merupakan program dasar untuk membuat website. Membuat website memang bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi website builder yang banyak tersedia gratis tanpa harus mengerti bahasa pemograman HTML. Akan tetapi, pembuatan website dengan aplikasi website builder juga tidak mudah. Cara apapun yang Anda pilih bahkan menggunakan jasa profesional untuk membuat website Anda, pemahaman mengenai dasar-dasar HTML sangat diperlukan kalau Anda hendak membuat website atau menjadi Internet marketer. Bahasa pemograman HTML sangat mudah dipahami, kita akan membahasnya pada bagian Membuat Isi Website.

Penggunaan teknik SEO pada halaman website bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan kata kunci pada bagian-bagian suatu halaman website untuk mendapatkan peringkat hasil pencarian yang tinggi. Tempat-tempat strategis untuk meletakkan kata kunci pada suatu halaman website adalah:
  1. Title Tag, Description Meta Tag, Keywords Meta Tag
  2. Teknik SEO pada Title tag, Description meta tag, dan Keywords meta tag dibahas lebih lanjut pada bagian Teknik SEO pada Meta Tag. Title tag, Description meta tag, dan Keywords meta tag merupakan istilah-istilah pada bahasa pemograman HTML. Sederhananya, tag merupakan perintah. Title tag merupakan perintah untuk menampilkan judul website. Description meta tag merupakan perintah untuk memberitahu spider mengenai deskripsi sebuah website. Keywords meta tag merupakan perintah untuk memberitahu spider mengenai kata kunci yang dipakai pada website tersebut.
  3. H1 dan Header Tag Lainnya
  4. Header tag termasuk H1 merupakan perintah yang dipakai untuk menampilkan judul tulisan. H1 tag memberikan ukuran tulisan yang paling besar. Perintah H2 tag, H3 tag dan seterusnya memiliki ukuran tulisan yang semakin kecil. Coba Anda perhatikan bagian teratas dari browser Anda, ada kalimat "Teknik SEO pada Halaman Website". Tulisan tersebut merupakan judul halaman website. Coba perhatikan lagi diatas baris menu, ada kalimat yang sama "Teknik SEO pada Halaman Website". Ini merupakan judul tulisan atau headline. Judul halaman website dan judul tulisan tidak perlu sama secara persis. Dalam teknik SEO, judul tulisan lebih penting daripada isi tulisannya sendiri baik bagi pengunjung maupun mesin pencari. Pastikan Anda sudah memasukkan kata kunci pada Header tag, lebih baik sebagai kata pertama dari judul tulisan.
  5. Isi Website
  6. Buatlah tulisan tidak kurang dari 200 kata tiap halaman. Namun jangan buat terlalu panjang juga. Tatalah kalimat dengan baik sehingga tulisan yang Anda buat penuh dengan kata kunci namun tanpa terlihat jelas oleh pengunjung bahwa ada pengulangan kata atau frase dengan kalimat yang sama. Pastikan isi tulisan Anda logis dan menarik. Gunakan kata kunci pada awal, pertengahan dan akhir tulisan di tiap halamannya. Ini akan mempertegas tema yang diangkat pada setiap halaman dan memberikan peringkat hasil pencarian yang lebih baik. Pada bagian awal, kalimat pertama harus menggunakan kata kunci. Gunakan juga satu atau dua kata kunci umum yang paling sesuai, serta sinonim-sinonim yang paling umum untuk kata kunci yang Anda gunakan. Jika seseorang mencari dengan salah satu kata kunci umum dan kunci khusus atau sinonimnya, maka website Anda memiliki peluang yang besar untuk ditemukan dan berada di halaman pertama hasil pencarian. Selain itu, pastikan juga judul dan deskripsi website Anda ditampilkan secara menarik pada hasil pencarian. Beberapa mesin pencari tidak menggunakan Description meta tag pada hasil pencarian. Sebagai gantinya, mesin pencari seperti ini akan menggunakan beberapa baris pertama dari tulisan Anda sebagai deskripsi website Anda. Jadi, pastikan baris-baris awal tulisan Anda menarik untuk mendorong orang mengklik website Anda.
  7. ALT Tag pada Gambar dan Nama File Gambar
  8. Alt tag pada gambar merupakan perintah untuk menampilkan kalimat tertentu apabila browser tidak bisa menampilkan gambar, misalnya karena pengguna Internet mengatur browsernya agar tidak menampilkan gambar atau untuk melihat gambar yang dipakai memerlukan aplikasi pendukung yang tidak dimiliki browser. Pada kondisi seperti ini, pengunjung akan membaca tulisan yang diberikan perintah alt tag. Perintah alt tag pada gambar harus mengandung kata kunci khusus. Demikian juga dengan nama file gambar harus mengandung kata kunci.
  9. Tag Tautan
  10. Halaman website sebaiknya memiliki tidak kurang dari dua atau tiga tautan ke tempat lain. Pada beberapa mesin pencari, halaman website yang hanya memiliki satu tautan bisa dikenakan penalti spam karena hanya memberikan satu pilihan sehingga pengunjung seolah-olah dipaksa untuk mengklik tautan tersebut. Gunakan kata kunci sebagai teks tautan untuk berpindah antar halaman website. Ini akan meningkatkan peringkat hasil pencarian untuk setiap halaman website.
  11. Nama File
  12. Masukkan kata kunci khusus pada nama file HTML. Pisahkan masing-masing kata pada nama file dengan tanda -, misalnya "buku-sekolah-dasar.html" Ini akan memberikan kesesuaian yang lebih tinggi pada beberapa mesin pencari. Tentunya pemberian nama file dengan kata kunci dikecualikan untuk halaman depan. Halaman depan harus diberi nama "index.html" dan kata kunci khusus dapat Anda masukkan pada nama website.
  13. Tag Komentar
  14. Kebanyakan mesin pencari akan mengabaikan teks dalam tag Komentar, namun beberapa ada yang tetap mengindeks teks dalam tag Komentar. Ini merupakan peluang untuk menggunakan kata kunci guna meningkatkan kerapatan dan kesesuaian. Sama seperti Alt tag, gunakanlah kalimat yang lengkap dan berbeda pada setiap komentar.
Untuk mengakhiri bagian ini, berikut ini beberapa aturan umum dalam menulis isi website:
  • Buatlah tulisan pada setiap halaman, jangan hanya gambar dan tautan. Spider mengindeks halaman website berdasarkan tulisan. Halaman website yang memiliki sedikit gambar tetapi lebih banyak tulisan memiliki peringkat yang lebih baik pada hasil pencarian.
  • Setiap halaman harus fokus pada satu topik atau tema dan kata kunci khusus yang sesuai. Pakailah juga sinonim kata kunci khusus dan sedikit kata kunci umum untuk mengantisipasi pencarian dengan berbagai kombinasi kata.
  • Jangan pernah menempatkan kata kunci yang sama bersebelahan karena mesin pencari akan menganggap Anda mencoba melakukan spam (mengirim satu informasi yang sama dan tidak memberikan pilihan lain) dan website Anda bisa mendapat peringkat yang rendah.
  • Cobalah untuk menempatkan kata kunci pada awal bagian-bagian berikut: judul halaman website, judul tulisan, paragraf, Alt tag, nama file, dan lain-lain seperti dibahas di atas.


sumber : anto-dwiharja.com

    6 comments:

    Blog Auto Approve Comments with Chapta (Blog komentar tampil setelah mengisi kode / verifikasi gambar terlebih dahulu).

    Mohon menuliskan komentar Mas Mbro Bos dengan bahasa yang baik, tidak mengandung Sara, Pornografi, dan Provokasi Pihak lain.

    Terima kasih atas kesediaan Mas Mbro Bos dimanapun berada (",)

    Salam,

    Follow by Email