Cara Membuat Milis/Mailing List di Google Groups

Cara Membuat Milis/Mailing List di Grup Google/Google Groups
Cara Membuat Milis/Mailing List di Grup Google/Google Groups yang akan saya share untuk Mas Bos semua.

Sedikit pengertian mengeni Milis/Mailing List :
Milis (bahasa Inggris: mailing list) adalah grup diskusi di Internet di mana setiap orang bisa berlangganan dan berikutserta didalamnya. Anggota milis dapat membaca surat dari orang lain dan kemudian mengirimkan balasannya. Secara sederhana, milis adalah sebuah daftar alamat surat elektronik yang mempunyai kesukaan/kepentingan yang sama.

Saat seseorang mengirimkan surat yang kemudian dikirimkan ke semua orang yang terdapat di dalam daftar, penerima pesan memiliki kebebasan untuk membalas topik diskusi tersebut atau tidak.

Setiap kali ada orang membalas sebuah surat, surat tersebut disalurkan ke setiap kotak surat masing masing orang yang terdapat di dalam daftar. Semua proses ini diatur oleh sebuah program yang dinamakan Mailing List Manager (MLM's) atau Mail Servers.

Berdasarkan topik diskusi, milis ada bermacam-macam. Ada milis umum, ada milis yang membahas bidang ilmu tertentu (misalnya Teknologi Informasi), ada senarai yang membahas masalah agama, dan sebagainya.

Google Group tidak sepopuler Yahoo Groups. Maklum, Google Group memang dibuat belakangan dibanding Yahoo Groups. Untuk membuat milis di Google Groups, Anda harus memiliki email Gmail terlebih dahulu.

Mas Bos harus memiliki email Google terlebih dahulu. Jika belum punya akunnya, daftar email Google.

Lanjutkan dengan langkah dibawah ini :
1. Masuk/login ke akun email Gmail anda di gmail.com
2. Kunjungi groups.google.com -> klik Create ->
3. Name your group -> isi nama group. Contoh, TUTORIAL BLOG
4. Create a group email address -> buat nama email group. Contoh : tutorialblog (bukan email Google Mas Bos). Harus sambung semua. Nantinya, alamatnya akan seperti ini: tutorialblog@groups.google.com.
5. Write a group description -> tulis deskripsi grup yang akan dibuat. Contoh : Forum komunikasi antara mahasiswa sesama Blogger.
6. Klik Create My Group (bawah) -> isi verifikasi kata.
7. Klik Create my group.
8, Anda disuruh meng-invite member -> klik Skip this step
9. Selesai.

Mas Bos juga dapat menentukan settings pada group yang baru dibuat, bersifat pribadi, orang-orang yang ditentukan saja, atau terbuka untuk umum. Pilihan ada di tangan Mas Bos.

Semoga ada manfaat dengan artikel ini (",)

0 komentar:

Post a Comment

Blog Auto Approve Comments with Chapta (Blog komentar tampil setelah mengisi kode / verifikasi gambar terlebih dahulu).

Mohon menuliskan komentar Mas Mbro Bos dengan bahasa yang baik, tidak mengandung Sara, Pornografi, dan Provokasi Pihak lain.

Terima kasih atas kesediaan Mas Mbro Bos dimanapun berada (",)

Salam,

Follow by Email