-->

Emas (Logam Mulia) - Cara Investasi Yang Baik

Logam Mulia-Emas Batangan-Antam
Emas merupakan Logam Mulia yang berharga. Hal ini merupakan Cara untuk ber-Investasi dengan Baik. Kita tahu harga Emas (Logam Mulia) ini terus naik dari tahun ke tahun.
Ada beberapa cara untuk melakukan investasi selain pembelian tanah dan property yang tidak akan susut bahkan harga terus melambung naik.
Benar... salah satunya adalah investasi emas batangan, yang terdiri dari pegadaian, bercocok tanam, batangan dan berjangka.

Emas Batangan
Investasi secara fisik dengan emas batangan sudah terjadi sejak lama, cara yang dipakai tentu saja dengan membeli emas dalam bentuk fisik(nyata) untuk kemudian disimpan dalam jangka waktu tertentu. Perlu Mas Bos ketahui hal  semacam ini tergolong investasi jangka panjang dengan masa penyimpanan biasanya dalam satu sampai dua tahun, atau munkin lebih tergantung dari si pemilik. Dengn alasan keamanan, emas yang sudah dibeli biasanya disimpan dalam deposit box di lembaga keuangan seperti bank dengan membayar biaya sewa.

Investor akan mendapat untung saat harga emas batangan mengalami kenaikan signifikan dalam jangka panjang tadi. Namun saat  harga turun drastis, investor tentu akan mengalami kerugian. Walau begitu jika kenaikan yang terjadi nantinya tidak cukup cukup tinggi, investor akan tetap merugi,  terutama dari segi waktu. Namun mengingat emas fisik sudah dimiliki, investor dapat memilih untuk menunggu harga naik kembali meski memakan waktu lama.
Emas Berjangka 
Cara transaksi emas online difasilitasi oleh lembaga Bursa Berjangka yang mengacu pada Loco London (harga emas internasional) . Investasi semacam ini selain menggunakan kontrak, transaksi online memberi fasilitas leverage (daya ungkit) sehingga investor dapat memperoleh keuntungan yang cukup besar.

Terbuka juga kemungkinan kerugian yang cukup banyak jika transaksi itu tidak disertai dengan  manajemen risiko yang bagus. Untuk transaksi online, investor harus terlebih dahulu menempatkan dana, dalam jumlah ataupun harga yang sudah ditetapkan sebelumnya, di perusahaan pialang berjangka. Dalam transaksi online ini, investor memiliki dua peluang (two way opportunity), yakni membeli jika harga diprediksi akan naik dan menjual (tanpa harus membeli terlebih dahulu) jika harga akan diperkirakan turun.

Sebelum ingin terjun di investasi emas menggunakan transaksi online, ada bagusnya jika investor pemula untuk mempelajari terlebih dahulu faktor yang membuat untung dan ruginya. Walaupun begitu  bunga yang dikenakan pada trading online relatif sangat kecil jika dibandingkan dengan gadai emas atau kebun emas.

Pegadaian Emas
Investasi semacam ini dapat  memberi kesempatan kepada masyarakat untuk mempunyai emas dengan cara mencicil. Investor cukup membayar dana DP (Down Payment) pada awal transaksi untuk sejumlah nilai emas yang akan dibeli, harga akan  ditetapkan oleh Lembaga Keuangan tersebut. Biasanya harga yang dipatok sedikit lebih rendah dibanding harga pasar. Pada bulan yang disepakati (biasanya pada bulan ke-4), investor berkewajiban untuk melunasi sisa harga pembelian dari emas tersebut. Sistem pada gadai emas memberlakukan bunga pada kisaran 1,5% per bulan di samping dengan biaya administrasi lainnya. Investor akan menikmati untung jika harga mengalami kenaikan dengan jumlah yang lebih besar besar daripada bunga.

Bercocok Tanam Emas
Cara investasi bercocok tanam emas adalah pembelian emas dengan tunai untuk kemudian digadaikan. Uang hasil penggadaian diakumulasi sebagai modal untuk membeli emas lagi. Demikian seterusnya, terus dilakukan beberapa kali. Namun emas yang dibeli untuk terakhir kali tidak digadaikan, melainkan dijadikan senjata untuk melunasi emas yang digadaikan. Investor akan menikmati untung saat harga emas naik melebihi bunga, yang berkisar antara 1,0-1,5% per bulan. Jika harga emas tidak lebih besar dari jumlah bunga yang dibayar, maka investor tidak akan menikmati keuntungan.

Semoga bermanfaat untuk Mas Bos yang ingin melakukan Investasi dengan Emas Batangan (Logam Mulia) ini (",)
 

Featured post

Widget Cek Resi Paket - Global Tracking Button All In One

Halo Mas Bos semuanya  🙋🏻‍♂️ Kali ini share bagaimana cara membuat tombol pelacakan berbagai ekspedisi yang sedang menawarkan jasa pengiri...