9 Makanan Sehat, Penambah Semangat dan Energi

9 Makanan Sehat, Penambah Semangat dan Energi9 Makanan Sehat, Penambah Semangat dan Energi - Makanan tidak hanya berfungsi sebagai pemasok asupan gizi, namun juga berfungsi sebagai penambah semangat atau penambah stamina. Nah, jika sobat merasa semangat menurun setelah seharian beraktifitas, maka silahkan konsumsi beberapa jenis makanan berikut ini untuk memulihkan semangat dan energi sobat:

1. Makanan Tinggi Serat
Serat adalah bagian penting dari sarapan sehat karena dapat mengisi dan memberi sobat energi selama berjam-jam. Makanan yang tinggi serat misalnya oatmeal, roti gandum, buah kering dan kismis untuk sereal peningkat asupan serat.

2. Makanan Tinggi Protein
Protein bekerja dengan mengatur gula darah sehingga dapat mempertahankan energi sepanjang pagi. Makanan tinggi protein misalnya telur, produk susu seperti yoghurt, susu rendah lemak dan keju rendah lemak, roti dengan selai kacang, sosis yang tidak diawetkan, ayam.

3. Buah-buahan
Buah adalah pilihan yang baik untuk sarapan karena memberikan sesuatu yang manis dan juga memberi energi. Buah juga membuat sarapan makin mudah karena ada begitu banyak pilihan yang berbeda. Selain itu, kandungan vitamin terutama vitamin C juga dapat memberikan tambahan energi untuk pagi hari.

4. Seledri
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa, dengan mengkonsumsi 4 batang seledri per hari dapat menurunkan tekanan darah sebesar 6 poin untuk tekanan sistolik dan 3 poin tekanan diastolik. Ditambah lagi, kandungan fitokimia dalam seledri yang disebut phthalides, dapat melancarkan aliran darah dan membuat arteri menjadi lebih rileks.

5. Rumput Laut
Rumput laut atau seaweed merupakan salah satu makanan laut yang 100 persen alami karena memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap dan baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Rumput laut bekerja dengan meningkatkan produksi antibodi, cytokines, (protein pelawan infeksi), dan sel lain yang meningkatkan imunitas sehingga membantu menyembuhkan infeksi dan penyakit kronis seperti kanker. Selain itu, rumput laut juga berguna untuk mencegah anemia dan alergi.

6. Kacang Tanah
Kacang tanah dapat membantu ketahanan tubuh dan mencegah beberapa penyakit. Kandungan fitosterol dalam kacang tanah dapat menurunkan kadar kolesterol dan level trigliserida. Kacang tanah juga diperkaya dengan lemak sehat, mengandungi protein yang tinggi, zat besi, vitamin E dan kalsium, vitamin B kompleks, yang sangat berguna untuk menjaga semua fungsi tubuh dan berguna sebagai antioksidan untuk melawan penuaan dini.

7. Scallop
Scallop adalah tiram yang berbentuk bulat berwarna putih susu kekuningan, karena masih dalam keluarga kerang, tidak heran jika scallop mempunyai kandungan tinggi mineral yang bermanfaat bagi tubuh, antara lain zat besi, kalsium, zinc dan mengandung lebih dari 80% protein.

8. Daging Sapi
Daging sapi merupakan sumber zat besi yang baik bagi tubuh. Zat besi berperan dalam pembentukan sel darah merah dan membantu transportasi oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Selain itu, daging sapi juga kaya akan seng, selenium, vitamin B, vitamin D, serta asam lemak Omega-3 dan protein yang berguna untuk membantu perkembangan otot sobat.

9. Lentil
Lentil adalah jenis kacang-kacangan yang memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya. Seperti halnya jenis kacang-kacangan lainnya, lentil juga diperkaya dengan asam folat, vitamin B, zat besi, kalsium dan juga sumber protein yang baik bagi tubuh. Dalam tubuh, lentil juga bersifat antioksidan sehingga efektif mencegah masuknya radikal bebas dengan meningkatkan daya tahan tubuh.

Semoga 9 Makanan Sehat, Penambah Semangat dan Energi sangat bermanfaat buat Anda semua (",)

1 comment:

  1. Artikel tentang kesehatan yang sangat menarik. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar memang kita butuh makanan-makanan seperti itu.

    Terima kasih atas infonya

    ReplyDelete

Blog Auto Approve Comments with Chapta (Blog komentar tampil setelah mengisi kode / verifikasi gambar terlebih dahulu).

Mohon menuliskan komentar Mas Mbro Bos dengan bahasa yang baik, tidak mengandung Sara, Pornografi, dan Provokasi Pihak lain.

Terima kasih atas kesediaan Mas Mbro Bos dimanapun berada (",)

Salam,

Follow by Email